Film Ziarah “Perjalanan Seorang Istri Mencari Makam Suaminya”

Tahun 2017 ini tayang sebuah film drama indonesia yang berlatar belakang kehidupan sehari-hari orang indonesia. Tidak menceritakan tentang kehidupan kota yang mewah atau cerita cinta sepasang muda mudi yang romantis. Film ini berjudul Ziarah. Sebuah film karya BW putra Negara dan diproduksi oleh Padi Padi creative. Jika anda menanti aktor-aktor top yang masih muda, anda salah besar. Film ini dimainkan oleh seorang nenek yang tinggal di gunung kidul dan berumur 95 tahun bernama Ponco Sutiyem. Selain itu ada aktor kawakan lainnya, seperti Rukman Rosadi, Vera Prifatamasari, Ledjar Subroto dan lainnya.

Kisah Cinta Sejati Seorang Nenek

Film ini sudah mendapatkan penghargaan yang banyak sekali. Dibuat dengan latar belakang yang bagus. Berlatar belakang pada tahun 1948 ketika terjadi agresii belanda. Semua lokasi pengambilan gambar di lakukan di kota jogjakarta. Pada waktu itu kota yogyakarta sedang diserang oleh pasukan belanda. Seorang nenek bernama mbah sri berusia 95 tahun, sedang mencari makam suaminya. Ada banyak hikmah yang bisa kita ambil dari ceritanya ini. Sebuuah cerita cinta senjata, kesetian, perjuangan dan kehidupan.

Mbah sri dan suaminya pak prawiro, terpisang karena sebuah perang. Pada waktu itu mbah prawiro pamit untuk pergi perang, tapi tak pernah kembali. Mbah sri menghabiskan waktu mudanya dengan menjanda sampai di masa tua. Semua  orang-orang disekitarnya mulai meninggal satu persatu. Semua sahabatnya dimakamkan di sebelah suaminya. Dari situ mbah sri, juga ingin dimakamkan tepat disebelah suaminya. Dia ingin sekali menemukan makam suaminya. Sampai akhirnya dia menempuh perjalanan panjang, untuk mencari makam mbah prawiro.

Film ziarah ini alurnya sangat halus.  Kita bisa melihat perjuangan yang dilakukan seorang mbah sri. Dia berjalan, naik kereta dan menuju ke berbagai tempat untuk menemukan makam mbah prawiro. Sampai akhirnya di bertemu dengan tentara veteran yang mengenal suaminya. Dari informasi yang didapatkan mbah sri, apakah mbah sri berhasil menemukan makan suaminya?

Seting Keren Dan Alur Cerita Yang Begitu Menyentuh

Di film ini anda akan melihat alam pedesaan kota jogja yang indah. Melihat  perbukitan, gunung, sungai, sawah dan lainnya. Percakapan  mbah sri dan beberapa orang didalamnya juga, seperti percakapan di kehidupan pedesaan. Berbicara masalah tanah, masalah sawah dan lainya. Dalam perjalanan mencari makan suaminya, tidak hanya bercerita tentang sebuah perjalanan. Tapi ada banyak sekali kisah hidup yang tak terduga. Di akhir cerita dia menemukan sebuah fakta yang begitu menyakitkan. Tapi dari rasa sakit, kita akan merasakan sebuah rasa pasrah dan menjadi seseorang yang lebih kuat.

Mbah ponco sutiyem sangat bagus memerankan sebagai mbah sri. Walaupun dia bukan seorang artis dan tidak pernah memakainkan film sama sekali. Tetapi akting dia sangat bagus. ketika melihat mbah sri, pasti akan teringat dengan nenek di rumah. Kisah ini bukan kisah cinta sejati dua manusia yang hidup di kehidupan modern. Tetapi kisah cinta dua orang yang saling mencintai sampai masa tuanya. Ada rasa sakit, rasa cinta yang tulus dan juga mengisahkan kisah anak dan ibunya. Benar-benar menjadi kisah yang wajib di tonton.

Film karya sutradara asli jogja ini juga masuk ini berhasil memenang penghargaan judi bola di ajang Asean Intenasional Film Festival and Awards yang dilaksankan di Malaysia. Film ini berhasil memenangkan kateegori special jury awards dan best screen play. Film ziarah akan tayang di bioskop pada tanggal 18 Mei 2017 mendatang. Sebelum menonton di bioskop, anda bisa melihat trailernya terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *