Perbedaan Novel dan Film ‘Fifthy Shades of Grey’

Mengadaptasi novel ke film bukan sebuah perkara yang mudah. Hal ini juga lah yang dialami oleh sutradara Sam Taylor-Jhonson. Ia sendiri menanggung beban berat sebagai sutradara film yang berdasarkan novel best selling E.L James yang berjudul Fifthy Shades of Grey. Mungkin penggemar atau orang yang pernah membaca novelnya pernah mencaci maki perbedaan yang mencolok di novel dan di filmnya. Tapi untuk Sam, ia juga menuai pujian karena berhasil menghidupkan karakter Ana Steele dan Mr. Grey ke hadapan penonton di kancah layar lebar. Jika kalian sudah menonton filmnya, kalian harus tau ada beberapa perbedaan antara novelnya dan filmnya. Ini lah perbedaannya.

Perbedaan Mencolok Film dan Novel Fifthy Shades of Grey

Artikel ini baik dibaca untuk anda yang sudah menonton filmnya dan lebih baik lagi jika sudah membaca novelnya. Dan inilah beberapa perbedaan yang ada di novel dan filmnya.

  1. Dalam film ini, masalah eating disorder yang dialami oleh Ana tidak terlalu ditampilkan di film ini. Padahal di novelnya TOGEL HONGKONG masalah ini difokuskan karena membangun sebuah image bahwa Ana adalah wanita yang lemah dan tak bisa mengurus dirinya sendiri. Di novel juga ditunjukkan kadang Grey harus menegurnya agar mau makan agar dia lebih kuat.
  2. Hubungan antara Mr. Grey dan ayah Ana tidak terlalu ditonjolkan dalam film. Padahal di novelnya, Mr. Grey membuktikan bahwa ia punya banyak wajah. Bahkan ia juga berhasil menaklukkan ayah Ana dengan cara mengajaknya ngobrol banyak hal seputar kegiatan memancing. Sayang sekali di film tidak ditampilkan secara jelas dan gamblang.
  3. Di dalam film, porsi Jose Rodriguez dan Kate Kavanagh tidak terlalu ditampilkan sehingga penonton tidak begitu mengenal mereka. Sebenarnya di novel Kate adalah orang mempunyai peran Penting karena ia yang membuat awal dari segalanya. Dan ia juga berpacaran dengan kaka Grey, Elliot Grey. Kate juga orang yang menyimpan kecurigaan pada Grey sehingga menjadi satu-satunya orang yang berani bertengkar dengannya. Namun sayang karakternya tidak terlalu ditampilkan. Sedangkan Jose Rodriguez di novel dianggap oleh Christian Grey. Padahal ia adalah sahabat Ana yang sudah lama memendam rasa padanya. Hal ini yang membuat Christian Grey marah pada Ana dan puncak ketegangan pun mulai.
  4. Ada dua kejadian yang tidak ditampilkan dalam film sehingga Christian tidak mendapatkan predikat sang stalker yang sakit. Yang pertama, si ganteng ini adalah stalker yang berbahaya karena saat Ana berlibur dengan ibunya, Christian menaruh kecurigaan padanya. Dan fakta dalam novel, ia sering mengirim sms pada Ana dengan kata Call Me. Bahkan ia memasangi Ana dengan GPS sehingga mudah untuk dilacak! Namun sayang kejadian menegangkan ini tidak ditampilkan di film padahal sangat membuat shock ya untuk beberapa orang?
  5. Adegan satu ini memang sengaja dihilangkan karna agar membuat film ini layak tonton. Adegan ini adalah saat Christian memaksa Ana bercinta ketika ia sedang menstruasi dan Christian juga memaksa dengan melepaskan pembalut Ana. Penggemar banyak yang kecewa akan hilangnya adegan ini. Namun apa boleh buat, untuk membuat film ini lolos sensor, harus dihilangkan.

Nah itu lah 5 perbedaan yang sangat mencolok di film dan novel Fifth Shades of Grey. Jika anda belum menonton filmnya, akan lebih bagus jika langsung menonton filmnya tanpa membaca novelnya karena bisa membuat tingkat kekecewaan tidak begitu besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *