Serba-Serbi Film India

Di antara Negara-negara lainnya film India dapat dikatakan sebagai salah satu industry perfilman yang terdepan dan paling produktif di dunia. Bahkan bila dibandingkan produksi film Hollywood, pembuatan film India jumlahnya jauh lebih besar setiap tahunnya. Beberapa di antara film-film tersebut bahkan dinilai demikian sukses tak hanya di skala nasional tetapi juga di tingkat internasional. Bintang-bintang film Bollywood yang cukup populer dengan nama yang dikenal hingga perfilman internasional antara lain adalah Shahrukh Khan, Amir Khan, Kajol, Aishwarya Rai, dan lain-lain. Dalam dua abad terakhir film  India berkembang semakin pesat dengan produksi mencapai 27 ribu film dan ribuan film pendek. Pernah tercatat bahwa ekspor film India jumlahnya lebih tinggi dari penjualan dalam negeri. Berikut ulasannya.

 

Beberapa hal tentang film India yang penting untuk Anda ketahui

Bagi Anda yang mengaku penggemar film India, beberapa hal berikut ini penting untuk Anda ketahui.

  1. Film India ternyata hampir sama dengan film Indonesia yang memproduksi film  perdananya saat masih merupakan Negara jajahan. Film pertama togel singapore tersebut masih berkonsep film bisu dengan judul Raja  Harishchandra yang diedarkan di tahun 1913 saat Negara tersebut masih berada di bawah pendudukan Inggris.
  2. Film dengan suara yang pertama dirilis adalah Alam Ara dan diproduksi di tahun 1931. Sekarang ini ada lebih dari 1000 film India yang diproduksi setiap tahunnya.
  3. Asal-usul nama Bollywood adalah dari kata Bombay yang  merupakan kota pusat perfilman India. Nama kota tersebut sekarang telah berganti menjadi Mumbay  tetapi nama Bollywood tetap melekat hingga saat ini.
  4. Pusat industri film India ternyata  bukan hanya Bollywood tetapi juga Kollywood yang berasal dari nama kota Kodambakkam.  Film-film yang diproduksi di kota tersebut kebanyakan menggunakan bahasa Tamil. Terakhir adalah Tollywood yang film-filmnya berbahasa Telugu.
  5. Produksi film India dapat dikatakan industry raksasa yang bisa menyerap hingga lebih dari 25 juta pekerja.
  6. Bollywood pernah memenangkan rekor dengan kategori produksi film terbanyak sepanjang masa, yaitu sekitar 433 judul film yang dirilis pada tahun tersebut.
  7. Meskipun film India diproduksi dalam jumlah yang begitu mencengangkan tetapi faktanya mayoritas konsep yang diusung tetaplah sama, yaitu konflik hitam putih yang begitu menyolok disuguhkan selama paling sedikit 3 jam diiringi puluhan lagu dan tarian.
  8. Meskipun kuantitas yang menjadi pertimbangan utama, tetapi ada pula film India yang  berkualitas, yaitu Mother India yang pada tahun 1957 sukses masuk dalam daftar nominasi piala Oscar.
  9. India juga satu-satunya Negara yang menawarkan paket wisata bagi turis untuk melihat secara langsung proses syuting film Bollywood hingga tour ke rumah selebritis India.
  10. Di tahun 2014 telah dibuka museum film India di kota Mumbai. Pembangunan museum tersebut berlangsung selama 7 tahun dan menghabiskan dana sebanyak 23 miliar rupiah.

 

Perfilman India dapat dikatakan sebagai industry paling besar di Negara tersebut dengan nilai mencapai jutaan dolar. Saat ini perfilman Bollywood adalah satu-satunya competitor dalam perfilman Holylwood pada segi jumlah produksi dan pendapatan. Setiap hari ada belasan produksi film Bollywood yang melibatkan berbagai pihak, bayangkan jumlahnya bila digunakan durasi waktu tahunan. Film-film india pada umumnya diputar hingga di lebih dari 90 negara termasuk  Negara-negara Amerika Utara hingga memberi kontribusi yang signifikan. Jadi, yang mana film India favorit Anda?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *