Sistem Proteksi ‘Halo’ Akan Dipakai Formula 1 Tahun 2018

Kimi Raikkonen pernah menggunakan sistem proteksi yang diberi nama Halo pada test pra-sesi terakhir yang diadakan di Barcelona pada bulan Maret tahun 2016. Namun, untuk digunakan secara resmi pada ajang balapan, sistem proteksi kokpit ‘halo’ baru akan diperkenalkan ke Formula 1 pada tahun 2018 mendatang. Demikian yang diungkapkan ke media dan telah dikonfirmasi oleh pihak FIA.

Halo Sajika Keselematan Terbaik

Jika dibandingkan dengan sistem proteksi atau keselamatan sebelumnya atau saat ini, Halo yang telah disempurnakan menjadi sistem yang terbaik. Ya, Halo dapat menyajikan kinerja keselamatan terbaik secara keseluruhan setelah evaluasi dari sejumlah besar perangkat selama lima tahun terakhir. Langkah tersebut dilakukan kurang dari seminggu setelah ‘perisai’ kokpit transparan terbukti tidak dapat digunakan di Grand Prix Inggris.

Pembalap Ferrari Sebastian Vettel mengatakan perangkat tersebut membuatnya pusing setelah satu putaran. ‘Perisai’ telah diprioritaskan oleh atasan F1 karena reaksi beragam terhadap ‘Halo’ setelah pengujian ekstensif tahun lalu. ‘Halo’ sendiri ditemukan sebagai satu-satunya alat yang berhasil lulus uji membelokkan kemudi pada 150 mph dan memberikan pandangan yang sebagian besar tidak terhalang.

Beberapa pengemudinya mengungkapkan kekhawatiran tentang ‘Halo’, perangkat berbentuk wishbone yang berada di atas kokpit dan bertemu di sebuah titik di depan pengemudi, baik secara estetis maupun filosofis. Tapi, sebagai badan kolektif, mereka – para pengemudi mendukung perlindungan tambahan untuk area kepala.

Alexander Wurz, ketua Asosiasi Driver Grand Prix, mengatakan: “Kami pengemudi menghormati stand FIA mengenai keamanan dan mendukung pencarian yang sedang berlangsung untuk membuat balapan menjadi lebih aman. Selama beberapa dekade terakhir, kami telah melihat peningkatan kecepatan dan setiap waktu putaran yang lebih cepat dan pencarian balapan yang paling akhir ini semata-mata dimungkinkan karena meningkatnya keamanan.”

Ia menambahkan: “Sama, selama periode waktu yang sama, kita telah melihat peningkatan popularitas olahraga kita. F1 adalah panutan untuk keselamatan yang terus meningkat tanpa membahayakan kinerja. Sementara solusi Halo mungkin bukan yang paling estetis untuk semua orang, namun pembalap kami tetap berpacu dan mendorong sekuat yang bisa kami lakukan, yang merupakan kunci bagi F1. Untuk melanjutkan pertumbuhan dan popularitasnya. ”

Pernyataan Pihak FIA

Sebuah pernyataan dari FIA mengatakan: “Dengan dukungan tim, beberapa fitur desain [Halo] akan semakin ditingkatkan.” Kelompok strategi tim terdepan, pemegang hak komersial dan FIA berkomitmen pada bulan Juli 2016 untuk memperkenalkan perlindungan frontal tambahan kepada F1 pada tahun 2018. Ini adalah sebuah keputusan yang menunda pengenalan Halo yang sejatinya diresmikan lebih awal tahun lalu.

April lalu, bos olahraga tersebut memutuskan untuk memprioritaskan ‘perisai’ dengan gagasan untuk memperkenalkannya pada tahun 2018.  Tapi menurut data tes di Silverstone membuktikan perangkat itu membutuhkan lebih banyak pekerjaan. Dengan berjalannya waktu dan tim yang perlu mulai bekerja untuk menyelesaikan desain mobil 2018 mereka, kelompok strategi pembuat peraturan pada hari Rabu memutuskan untuk terus maju dengan satu-satunya perangkat yang berhasil.

Kelompok strategi tersebut juga sepakat untuk membentuk kelompok kerja untuk memeriksa masalah pengendalian biaya di F1, tujuannya adalah untuk “memberikan solusi inovatif yang bertujuan untuk memastikan olahraga tetap berkelanjutan”. Sebuah pernyataan mengatakan kelompok tersebut memperdebatkan “sejumlah tindakan olahraga yang ditujukan untuk memperbaiki balapan”.

Namun secara pasti, memang dibutuhkan penelitian yang berkelanjutan demi eksisnya dan terus populernya olahraga balapan F1. Hingga saat ini, kecepatan mobil F1 terus ditingkatkan sehingga pastinya membutuhkan sistem proteksi togel online yang lebih baik untuk mendukung keamanan dan keselematan balapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *