Butuh 13 Ribu Orang, Pendaftaran Sukarelawan ASIAN Games 2018 Dibuka

Setahun jelang event olahraga akbar tingkat Asia, ASIAN Games 2018 digelar di Indonesia, berbagai persiapan pun mulai dikebut. Terbaru, Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) akhirnya membuka secara resmi pendaftaran volunteer alias sukarelawan untuk ASIAN Games 2018.

 

Pengumuman INASGOC ini memang sudah jadi hal yang dinanti-nanti oleh banyak masyarakat Indonesia. Sebagai ajang besar tingkat Asia yang mempertemunkan puluhan negara, tak sedikit warga masyarakat ingin jadi saksi hidup event olahraga yang pernah menyambangi Indonesia pada tahun 60-an itu. Membutuhkan 13 ribu total sukarelawan, untuk mendaftar jadi volunteer pun hanya perlu masuk ke situs resmi Asian Games yakni asiangames2018.id.

 

Ada Empat Posisi Untuk Sukarelawan

 

Diumumkan langsung oleh Ketua INASGOC yakni Erick Thohir pada hari Senin (18/9) kemarin, proses rekruitment belasan ribu sukarelawan ini akan dikelompokkan dalam beberapa kategori. Di mana para peminat bisa memilih untuk menjadi asisten protokol, asisten National Olympic Committee (NOC), liaison officer dan work force.

 

Presiden klub Inter Milan itupun menjelaskan kalau masing-masing posisi memiliki tugas berbeda. Di mana untuk asisten protokol akan bertugas mendampingi tamu-tamu VVIP seperti kepala negara, International Olympic Committee (ICO), keluarga Olympic Council of Asia serta pejabat tinggi. Lalu asisten NOC akan mendampingi tamu VIP dan delegasi dari negara-negara peserta Asian Games.

 

Dua posisi terakhir yakni liaison officer akan bertugas memberikan informasi kepada para delegasi, tamu atau pengunjung yang membutuhkan bantuan seperti fasilitas bandara, hotel, venue, perkampungan atlet hingga katering. Sementara work force akan membantu dalam penyelenggaraan pertandingan di setiap lokasinya, seperti dilansir Detik.

 

Untuk menentukan kualifikasi dan posisi para sukarelawan akan diperoleh dari pilihan para pendaftar dan seleksi panitia yang mencakup tes psikologis. Ada dua tahapan pendaftaran yakni periode pertama 18 September – 23 Oktober untuk sukarelawan pada test event dan periode Desember 2017 untuk sukarelawan yang bertugas pada ASIAN Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

 

Pendaftaran Gratis dan Bisa Untuk WNA

 

Menawarkan kesempatan bergabung dalam event yang luar biasa besar, tak heran kalau kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu hal yang diwajibkan oleh INASGOC. Yang membuat banyak calon sukarelawan TOGEL HONGKONG berseri-seri adalah jaminan jika tak perlu adanya biaya apapun kala mendaftar alias gratis. Hal ini terpaksa diperjelas oleh bos Mahaka Grup itu karena mulai banyak bermunculan rumor pungutan liar dalam proses rekrutmen sukarelawan.

 

“Jadi pendaftaran sukarelawan ini gratis. Saya menerima sms tentang adanya pungutan biaya lima puluh ribu rupiah, itu tidak ada sama sekali. Register ini free dan tentunya para volunteer ini nantinya akan kami berikan fasilitas transportasi, uang makan serta hal-hal lain seperti baju dan sepatu,” lanjut Erick.

 

Bukan cuma memberikan peluang kepada masyarakat Indonesia, rupanya sukarelawan ASIAN Games 2018 juga memberikan kesempatan kepada Warga Negara Asing (WNA). Hanya saja jumlah WNA yang diberikan cuma 10-30% dari total keseluruhan sukarelawan. Syarat WNA yang bisa mendaftar pun harus sudah tinggal lama di Indonesia seperti kaum ekspatriat. Jadi gimana, apakah di antara kamu ada yang sudah begitu bersemangat dan mempersiapkan diri menyambut ASIAN Games 2018? Tentunya kesempatan menjadi volunteer adalah salah satu hal emas yang belum tentu bisa terulang dalam belasan tahun ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *