Sandiaga Uno Ingin Sulap Trotoar di Jakarta Seperti New York

Sandiaga Uno, wakil Gubernur DKI Jakarta, mengaku bahwa dirinya ingin sekali mewujudkan impian mulianya yakni bisa memuliakan para pejalan kaki di Jakarta seperti di New York. Oleh karena itu, ia ingin menyulap trotoar di Jakarta seperti trotoar yang ada di Union Square, New York, AS.

Ingin Trotoar Berfungsi Lebih untuk Pejalan Kaki

Impian ini ia paparkan kepada wartawan dilansir dari CNN Indonesia. “Ketika saya di New York, yaitu saat di dekat Union Square, itu di sana ada yang namanya pedestrian walkway. Warga di sana bisa berinteraksi kesenian. Berbagai macam lah,” ungkap Sandiaga Uno yang ditemui dib alai kota Jakarta pada hari Kamis (9/11) kemarin. Menurut dirinya, trotoar yang modern itu bakal bisa membuat para warga bisa lebih nyaman saat beraktifitas mulai dari berolahraga, duduk-duduk santai, bermain catur, membaca buku, membuat semacam panggung music, dan lain sebagainya.

Konsep yang hadir itu menurutnya, sangat bisa diterapkan di Jakarta. Alasannya adalah ini akan berdampak positif sekali bagi Jakarta selain lebih semarak. Jenis trotoar seperti itu dapat juga meningkatkan kreatifitas dan juga interaksi warga yang lebih sehat. “Kami inginnya trotoar jadi sebuah fasilitas yang mana memuliakan para pejalan kaki. Memastikan adanya hierarki dari trotoar itu yang mana dikembalikan ke pemegang hak paling tinggi yaitu pejalan kaki. Namun juga diberikan beberapa ruang khusus untuk dipergunakan warga-warga berinteraksi. Itu lah yang sebenarnya diinginkan,” lanjutnya lebih detail.

Akan tetapi, konsep trotoar tersebut masih dalam kajian di Dinas Bina Marga DKI Jakarta dengan beberapa orang ahli tata kota yang lainnya. Oleh karena itu, Sandiaga belum bisa memaparkan secara lebih detail lagi. Termasuk juga dengan konsep trotoar yang ada di Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan MH Thamrin yang mana disebut oleh Anie Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, akan dibuatkan laiknya walk of the fame. “Jadi nantikan kita bakal lihat bagaimana nanti rekan-rekan desainer bakal menampilkan desain yang dapat sesuai dengan kekinian tentu saja,” ungkapnya lagi.

Beberapa jam sebelumnya juga, Anies berencana untuk menata trotoar yang ada di Jalan Jendral Sudirman sampai ke Jalan MH Thamrin seperti walk of the fame yang ada di AS. Nama-nama atlet Indonesia yang berprestasi dan mengharumkan nama bangsa ini bakal terukir di trotoar tersebut sebagai sebuah bentuk penghargaan. “Ada, namanya itu walk of fame. Nanti apabila desainnya Togel singapura sudah jadi, lebih gampang,” ujar Anies pada wartawan.

Ingin Manfaatkan Trotoar jadi Tempat Kebudayaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Anies juga ingin memanfaatkan trotoar yang ada di sepanjang Jalan Jendral Sudirman sampai Jalan MH Thamrin sebagai suatu tempat yang berguna. Ia ingin menjadikannya sebagai tempat kegiatan kebudayaan. Ia pun juga sudah menyampaikan hal tersebut kepada pihak terkait yang tugasnya merancang trotoar kawasan itu sebelum Asian Games 2018 esok.

“Jadi trotoar di sini inginnya bukan hanya ada pohon dan juga tanaman biasa saja, akan lebih bagus kalau bisa dijadikan sebagai tempat kegiatan kebudayaan,” ungkap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. ia menganggap bahwa trotoar yang ada di Jakarta, khususnya di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman sampai MH Thamrin itu Cuma dijadikan tempat untuk menyimpan tanaman atau juga untuk berjalan kaki saja. Padahal katanya, trotoar seharusnya mempunyai area khusus untuk sejumlah kegiatan yang lain misalnya saja kegiatan kebudayaan dan seni. Trotoar sendiri bagi Anies, bisa digunakan oleh banyak warga Jakarta untuk aktifitas yang lainnya misalnya saja seni rupa sampai seni music. “Di trotoar kan bagus kalau misalnya ada area khusus kebudayaannya. Kegiatan seni ini bisa jadi aktifitas di sepanjang tahun bisa music atau macam-macam lah,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *