Lonely Planet: Indonesia Layak Dikunjungi

Buku panduan wisata dan jalan-jalan yang paling populer di dunia Lonely Planet yang juga merupakan penerbit media digital raksasa memasukkan tanah air kita, Indonesia dalam daftar 10 negara terbaik dan paling direkomendasikan untuk dikunjungi. Dalam daftar yang bergengsi tersebut Indonesia berada pada peringkat 7 dunia togel sgp yang paling layak dijadikan tempat tujuan wisata tahun 2019.

 

Perusahaan ini didirikan oleh Maureen dan Tony Wheeler, lalu di tahun 2007 dibeli sahamnya sebanyak 75% oleh BBC Worldwide dan pada Februari 2011 BBC juga membeli sisanya (25%). Buku yang mencantumkan nama Indonesia sebagai Negara yang direkomendasikan untuk menjadi tempat tujuan liburan 2019 tersebut dirilis dengan judul Best in Travel 2019.

 

Tanggapan dari Menpar tentang daftar Lonely Planet

Yang lebih membanggakan lagi pada sampul buku itu penerbit memuat Pura Ulun Danu di Bali, hal ini sebagaimana yang dirilis dari Antara, London.  Arief Yahya, Menteri Pariwisata menyatakan bahwa rekomendasi Lonely Planet tersebut akan sangat mendukung program yang mengupayakan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai 20 juta orang di tahun 2019.

 

Arief juga menyebut bahwa referensi tersebut sangat penting karena akan merangsang semakin banyak kunjungan wisatawan mancanegara ke tanah air. Ini karena Lonely Planet adalah rujukan populer bagi wisatawan asing. Indonesia bahkan menjadi Negara satu-satunya di kawasan Asia Tenggara yang tercantum dalam daftar ini tanpa nama competitor kita seperti Malaysia dan Thailand. Hal ini tentu saja sangat membanggakan.

 

Ini alasannya Indonesia masuk daftar Negara layak dikunjungi

Para ahli staf Lonely Planet tentu mempunyai beberapa alasan memasukkan Indonesia pada daftar 10 obyek wisata terbaik. Pertama adalah karena kekayaan alam serta budayanya yang terbentang mulai dari Sabang hingga Merauke. Tanah air kita memang memiliki lebih dari 17 ribu pulau yang didalamnya ada budaya yang beragam, termasuk kepercayaan dan kuliner. Tentu saja hal ini akan menawarkan pengalaman liburan yang tidak terlupakan. Sebagaimana yang tertulis dalam buku Lonely Planet.

 

Di sisi lain buku panduan pariwisata tersebut juga menyinggung keadaan terakhir Indonesia yang beberapa waktu lalu sempat mengalami bencana alam, gempa. Meskipun demikian Lonely Plane menjamin bahwa Indonesia sangat aman untuk disinggahi. Lebih jauh dalam buku tersebut mencantumkan bahwa baru-baru ini beberapa bagian Indonesia yang merupakan lintasan Ring of Fire mengalami gempa. Pihak-pihak terkait terus melakukan monitoring, namun Indonesia tetap aman untuk dikunjungi.

 

Kebijakan pemerintah yang memberlakukan akses BVK atau bebas visa kunjungan bagi 169 negara di dunia juga disorot dan mendapatkan pujian. Bila sebelumnya berkunjung ke Indonesia dinilai tidak mudah, namun kini pemerintah telah memberikan akses BVK untuk lebih dari 150 negara. Lonely Planet juga kembali menghimbau wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia dengan kata-kata yang lebih dramatis: “Kunjungi Indonesia sekarang, sebelum seluruh rahasianya terbuka!”

 

Inilah daftar 10 besar negara yang layak dikunjungi versi Lonely Planet:

  1. Sri Lanka
  2. Jerman
  3. Zimbabwe
  4. Panama
  5. Kyrgyzstan
  6. Jordania
  7. Indonesia
  8. Belarusia
  9. Sao Tome dan Principe
  10. Belize

 

Dampak penghargaan tersebut kepada pariwisata Indonesia

Apresiasi positif bertaraf internasional tersebut akan berdampak pada faktor 3C, yaitu confidence, credibility, dan calibration. Confidence Award berpotensi meningkatkan confidence level dalam bidang pariwisata dalam negeri. Berikutnya credibility award dapat menjadi sarana marketing membentuk citra pariwisata Indonesia yang positif, dan calibration berfungsi untuk mengetahui posisi Indonesia di antara Negara-negara tujuan wisata lain di kawasan Asia Tenggara.

 

Memenangkan penghargaan ini akan menciptakan peluang untuk memperoleh kesempatan yang bagus di masa yang akan datang.  Sebagaimana kondisi yang sudah-sudah, pemenang umumnya kerap dipilih banyak pihak mulai dari menjadi rekanan, produsen, serta pemasok dibandingkan para pesaing lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *