Mengenal Katie Bouman, Ilmuwan Muda Pembidik Foto Pertama Lubang Hitam

Seorang ilmuwan muda berusia 29 tahun, Dr. Katie Bouman, menghebohkan public dengan mendapatkan banyak pujian dari warganet seluruh dunia berkat kerja kerasnya. Ia adalah ilmuwan perempuan muda pertama yang mengembangkan alogaritme yang menghasilkan foto pertama lubang hitam.

Sosok Katie Bouman

Katie pasalnya memimpin satu tim yang berhasil membuat terobosan penting yang amat sangat memungkinkan untuk kali pertamanya dalam sejarah eksplorasi ruang angkasa pemotretan atas lubang hitam dapat dilakukan.

Foto yang amat sangat istimewa ini menunjukkan cahaya halo yang mana berasal dari debu dan juga gas angkasa yang tengah tersedot ke lubang hitam yang jaraknya 500 juta triliun kilometer dari bumi. Bagi Bouman sendiri, membuat alogaritme itu adalah perwujudan dari upaya yang sebelumnya dianggap sangat mustahil.

Gambar Dr. Bouman dengan amat semangat menunggu foto lubang hitam pasalnya terunggah di komputernya sudah beredar luas dan menjadi viral di media social. Lalu ia pun menuliskan “Menyaksikan sambil tidak percaya, saat-saat foto pertama lubang hitam dalam proses direkontruksi,” di dinding Facebooknya.

Dr. Bouman juga mulai membuat alogaritme itu 3 tahun yang lalu saat ia masih menjadi seorang mahasiswa Pascasarjana di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Di sana, ia memimpin sebuah proyek yang dibantu oleh satu tim yang mana terdiri daari Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory dari MIT, MIT Haystack Observatory dan jug Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.

Foto pertama lubang hitam ini pasalnya ditanggkap oleh teleskop Event Horizon atau EHT, yaitu sebuah jaringan delapan teleskop yang terhubung satu dengan yang lainnya yang mana gambarnya diunduh lewat alogaritme buatannya sendiri.

Dr. Bouman Viral di Media Sosial

Dalam bebrapa jam setelah foto yang sangat monumental tersebut diterbitkan, ia dibicarakan secara luas dan Namanya juga sempat sangat popular di Twitter. Dalam sebuah cuitan, misalnya, politisi Partai Demokrat Amerika yang berasal dari New York, yaitu Alexandria Ocasio-Cortez, menuliskan bahwa Ms Bouman should take her “rightful seat in history” yang artinya “Dr. Bouman sudah seharusnya layak mengambil tempat yang sah di dalam sejarah.”

“Selamat dan terima kasih untuk sumbangan Anda pada kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan,”cuit Ocasio-Cortez lagi.

Tidak hanya itu, ia juga mendapatkan pujian dari MIT dan juga Lembaga Smithsonian di media social juga. “Tiga tahun lalu, mahasiswa pascasarjana MIT Katie Bouman memimpin pembuatan sebuah alogaritme baru untuk menghasilkan gambar lubang hitam untuk kali pertamanya,” tulis MIT’s Computer Science and Artificial Intelligence Lab.

Akan tetapi, Bouman yang saat ini menjadi asisten professor dalam Ilmu Komputer dan Matematika di California Institute of Technology ini bersikeras bahwa tim yang sudah membantu dirinya result sgp dan mereka juga berhak untuk mendapatkan pujian yang setara dengan dirinya.

Upaya untuk membuat foto lubang hitam itu memakai teleskop yang terletak mulai dari Antartika sampai dengan Chile, dan melibatkan bahkan lebih dari 200 orang ilmuwan juga. “Tidak mungkin melakukannya sendirian,” ungkap Bouman dilansir dari CNN Indonesia.

“Ini dapat terjadi karena keterlibatan banyak orang dari berbagai macam latar belakang,” katanya lagi.

Lubang hitam yang “tidak bisa terlihat” oleh mata telanjang ini memiliki diameter 40 miliar kilometer. Ini artinya 30 juta kali ukuran bumi. Lubang ini dipindai selama 10 hari lamanya di galaksi Messier 87, 500 triliun kilometer dari bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *